Perawatan Mazda MR90, Vantrend dan babyboomer

TIPS, PERAWATAN, MODIFIKASI, DAN EVENT PENGGUNA MOBIL MAZDA MR90 DAN VANTREND

Fungsi Selenoid Valve Karburator Mazda Vantrend

Selenoid karburator, solenoid karburator, harga solenoid karburator, fungsi solenoid karburator mobil, kabel solenoid karburator, solenoid pada karburator, ciri solenoid karburator rusak, cara kerja solenoid karburator, cek solenoid karburator, cara memperbaiki solenoid karburator, cara pasang solenoid karburator, cara mengetahui solenoid karburator rusak, fungsi selenoid di karburator, pemeriksaan solenoid karburator, fungsi solenoid karburator, fungsi katup solenoid karburator, gejala solenoid karburator rusak, harga solenoid karburator mobil, jual solenoid karburator, solenoid karburator mobil, fungsi selenoid pada karburator, fungsi selenoid pada karburator mobil, katup solenoid pada karburator, cara kerja solenoid pada karburator, karburator pj 38 selenoid, solenoid karburator rusak, tanda solenoid karburator rusak, sistem kerja solenoid karburator, solenoid valve karburator


Pada karburator Mazda Vantrend atau Mazda MR90 terdapat komponen yang bernama katup solenoid (solenoid valve), atau biasa disebut juga switch langsam selenoid valve ini dipasang dengan fungsi agar mesin tidak mengalami dieseling(mesin tetap hidup walaupun kontak sudah di offkan). Dieseling ini disebakan oleh panas yang berlebihan yang terdapat di busi (preignition temperatur yaitu kondisi dimana panas busi dapat membakar bahan bakar sebelum saat pengapian), atau karbon deposit yang masih membara di ruang bakar.

Jadi pada intinya fungsi dari selenoid valve itu adalah untuk menghentikan supply bahan bakar yang menuju ke idle port, sehingga mesin akan kekurangan bahan bakar dan akan segera mati.

Cara Kerja Katup Solenoid

Pada saat kunci kontak pada posisi ON, arus akan mengalir ke solenoid valve dan membuat katup solenoid berfungsi, katup terbuka dan bahan bakar dapat mengalir ke idle port (low sped circuit). Dan ketika kunci kontak diputar ke posisi OFF, atau mematikan mesin. Maka katup solenoid tidak teraliri arus, oleh karena itu katup solenoid tidak berfungsi dan akan kembali menutup saluran bahan bakar yang menuju ke idle port. Katup solenoid akan tertarik/membuka  melawan gaya pegas ketika dialiri arus (terdapat kemagnetan), dan kembali menutup karena dorongan pegas ketika tidak dialiri arus (kemagnetan hilang.


Tidak berfungsinya katup solenoid dapat disebabkan oleh putusnya atau tidak terdapat arus yang mengalir ke katup solenoid, atau disebabkan oleh kerusakan pada katup solenoid itu sendiri. Apabila katup solenoid tidak berfungsi maka mesin masih bisa dihidupkan tetapi tidak bisa berputar stationer/idle (mesin mati saat idle dan dapat hidup jika di gas).
Share this article :
+
Previous
Next Post »