Perawatan Mazda MR90, Vantrend dan babyboomer

TIPS, PERAWATAN, MODIFIKASI, DAN EVENT PENGGUNA MOBIL MAZDA MR90 DAN VANTREND

MERUBAH KIPAS CONVENSIONAL KE ELECTRIC FAN PADA MR90

pendingin mesin mobil, mesin pendingin mobil box, sistem pendingin mesin mobil, alat pendingin mesin mobil, cairan pendingin mesin mobil, komponen pendingin mesin mobil, kipas pendingin mesin mobil, oli pendingin mesin mobil, air pendingin mesin mobil, modifikasi pendingin mesin mobil, jual pendingin mesin mobil, nama pendingin mesin mobil, makalah pendingin mesin mobil, harga pendingin mesin mobil, pendingin tambahan mesin mobil, sirkulasi pendingin mesin mobil, jenis pendingin mesin mobil, sistem pendingin mesin mobil diesel, makalah sistem pendingin mesin mobil, cara kerja pendingin mesin mobil, komponen sistem pendingin mesin mobil, mesin pendingin ac mobil, harga mesin pendingin mobil box, diagram blok sistem pendingin mesin mobil, cara kerja kipas pendingin mesin mobil, fungsi pendingin mesin mobil, fungsi pendingin pada mesin mobil, harga kipas pendingin mesin mobil, sistem kerja pendingin mesin mobil, kerusakan pada sistem, pendingin mesin mobil, materi sistem pendingin mesin mobil, mesin pendingin pada mobil, makalah sistem pendingin mesin pada mobil, cara kerja mesin pendingin pada mobil, pengertian sistem pendingin mesin mobil, pengertian mesin pendingin mobil, peltier untuk pendingin mesin mobil, siklus sistem pendingin mesin mobil, cara kerja sistem pendingin mesin mobil, sistem pendingin pada mesin mobil

Dua tahun yang lalu Overheat pada mesin bluekutux diduga karena kompressor ac yg sudah tidak sehat alias bermasalah, gejala gejala tidak sehatnya di ketahui suara kompresor yg ngorok/berisik pada awal start. 
Tapi berhubung dengan suatu kegalauan antara perbaikan  kompresor ac atau ganti nyari kampakan maka saya memutuskan untuk merubah sistem pendingin mesin. Karena ku pikir dan kurasakan
ruang kabin masih terasa dingin dan maknyus walaupun kompressor ac bermasalah, dan kalaupun kedepannya kompresor ac sudah tidak maksimal fungsinya baru dipikirkan untuk ganti pake barang eks singapure atau kampakan.

Keputusanku makin bulat setelah melihat dan membaca postingan di facebook mazda MR90.
Langkah pertama saya mulai hunting electric fan yang sekiranya bisa masuk di space dapur pacu bluekutux karena tidak semua jenis electric fan bisa di aplikasikan di mobil ini mengingat space nya yang sempit.
Disuatu hari ada acara halal bihalal komunitas mazda semarang (KMS),
Disitu saya ketemu sama om Bimo dan sempet ngobrol bahas masalah mesin dan problemnya. Didalam obrolan itu saya mendapatkan info bengkel dinamo yg mempunyai stok electric fan.

Dihari berikutnya saya hampiri bengkel di daerah Serondol Semarang sesusai dengan apa yg di infokan om bimo.
Dan akhirnya saya di bengkel itu disodorkan beberapa electric fan dari berbagai jenis mobil diantara electric fan eks karimun dan eks mitsubishi galant,
Dan kujatuhkan keputusan pada electric fan eks galant alasannya lebar daun dan srud kipas dimensi nya pas dengan dimensi radiator yang dipakai.
Dan setelah di uji putarannya sama kencangnya walaupun electric fan yang bermerk mitsuba eks galant hanya satu speed.

Dan hasilnya setelah terpasang di dapur pacu bluekutux maka mesin bluekutux tidak overheat lagi bermain kisaran di 80° s/d 90°.
Efek di mesin lebih ringan karena dikurangi beban kipas manual,
suhu mesin ideal ada di 90°,
di test drive macet macetan selama kurang lebih 2jam jarum themperatur nya tidak lebih dari 1/2, dengan kondisi siang hari panas terik dan ac on.

berikut bahan bahannya,
1. Electric fan eks mitsubushi galant (kata orang bengkel dinamo) merk mitsuba harganya 350rb,
2. thermoswitch pakai punya honda civic wonder taun 84 dipasang di radiator bagian atas kalo gak salah harganya 160rb
3.relay merk hella harganya 20rebu,
4. pasang dudukan thermoswitc di radiator minta tolong tukang radiator bayar 20rb,
5. sekring + rumahnya
6. jasa pasang nya 150rb
dikalkulasi biaya pemasangan electric fan di dapur pacunya bluekutux sekitar 700rb,
Share this article :
+
Previous
Next Post »