Perawatan Mazda MR90, Vantrend dan babyboomer

TIPS, PERAWATAN, MODIFIKASI, DAN EVENT PENGGUNA MOBIL MAZDA MR90 DAN VANTREND

Cara ganti Engine Monting Mazda MR90 dan Mazda Vantrend

Cara ganti engine monting, cara ganti engine monting mazda vantrend, cara ganti engine monting mazda mr90, cara pasang engine monting, bantalan mesin

Engine monting atau bantalan mesin berfungsi untuk meredam getaran mesin sehingga body mobil tidak ikut bergetar ketika mesin hidup, dengan demikian engine monting salah satu part yang mendukung kenyamanan dalam berkendara. bukan kah kenyamanan pangkal pewe?.

Ciri ciri engine monting sudah tidak layak pakai bisa dilihat diraba dan dirasakan.
Dilihat secara kasat mata karet engine monting terlihat mblenyek, lembek, sudah tidak presisi biasanya sudah berbentuk jajaran genjang, terlihat pecah.
Diraba karetnya udah bergerigi gak mulus lagi dan bila di tekan terasa lembek.
Dirasakan getaran mesin lebih terlihat goyang dan di bodi mobilpun getarannya kayak vibrator, 
dan bila di bejek rpm tinggi mesin seolah olah mau koprol ngangkatnya lebih tinggi dari biasanya dan kipas radiatorpun sering beradu dengan srood radiator.

Cara mengganti engine monting atau bantalan mesin pada mobil mazda mr90 dan mazda Vantrend sangat simple dan alatnya pun tidak terlalu banyak yg digunakan, yg jelas gak perlu pakai laptop juga apalagi forklift.
Alat yang dibutuhkan hanya dongkrak, kunci ring 14, kunci 10, papan atau kayu kecil dan engine monting atau bantalan mesin yang baru, masa mau diganti pakai bantal kapuk??

Yang pertama untuk lebih aman dalam pengerjaanya dan tidak merusak part yang lain lepas dulu srood radiator bagian atas supaya pas waktu mesin di dongkrak kipas radiator tidak mentok tertahan oleh srood itu sendiri.
Selanjutnya longgarkan dan lepaskan mur 14 yang mengikat engine monting atau bantalan dari dudukannya, pengerjaannya satu sisi aja dulu supaya lebih gampang pengerjaannya, nah sesudah lepas mur bagian luar dan bagian dalam lanjut ke seruput kopi dulu sama nyalain rokok biar nyantai kayak dipantai.
Lanjut lagi nih, dongkrak mesin di carter oli nya, biar aman dikasih bantalan kayu yang sudah disiapkan tadi sisipkan diantara dongkrak dengan carter oli dan mulailah dongkrak beraksi angkat terus mesinnya sampai memungkinkan engine monting yang lama dipastikan bisa diambil dari dudukannya.


Setelah engine monting sudah bisa di lepas dan diambil, sekarang waktunya masukin engine monting yang baru.
Biasanya untuk masukin engin monting atau bantalan mesin yang baru mesin harus diangkat lebih tinggi karena kalo yang baru bentuknya akan lebih tebal daripada yg sudah lama terpakai.
Setelah engine monting yang baru sudah bisa di masukin, pasang mur berikut ring bagian dalam dulu biarkan yang bagian luar tanpa mur sementara, posisikan engine monting posisinya tidak miring.
Setelah mur dan kawan kawan bagian dalam sudah terpasang kita kembali ke dongkrak, Turunkan dongkrak pelan pelan dan sesekali cek baud engine monting bagian luat pastikan masuk di coakan pada dudukannya, kalau sudah bisa di pastikan pas pada coakan dudukannya, turunkan dongkrak pelan pelan sampai habis selanjutnya pasang mur dan kawan kawannya sampai kencang eith jangan lupa tuh plat siku yg berfungsi sebagai penghalau panas mesin supaya karet engine monting atau bantalan mesin tidak langsung berinteraksi dengan panasnya mesin.
Setelah sisi satu selesai baru deh pindah ke sisi sebelahnya dengan proses yang sama seperti tadi.
Terakhir Pasanglah srood radiator yang tadi dilepas dan pekerjaan pun selesai.


Penggantian Engine monting bisa dilakukan sendiri,
Engine monting Mazda mr90 dan Mazda Vantrend bisa didapatkan di KiosrK 
Share this article :
+
Previous
Next Post »